5 HAL YANG DI HINDARI ORANG SUKSES KETIKA MEREKA MASIH 20-AN

BISMILLAHIRAHMANIRAHIM

ASSALAMUALAIKUMWARAHMATUALLHIWABARAKATUHU

Halo sahabat enterpeuner ku semua masih sehat kan semuanya semoga allah ta ala memberikan kesehatan dan keberkahan pada hari ini.nah sahabat ku pada kesempatan kali ini sya akan membahas 5 hal yg di hindarin orang sukses pada usia 20-an yuk kita simak bareng-bareng.

(1.) meraka tidak peduli dengan temen sebayanya.

Maksudnya temen-temen mereka tidak peduli dengan teman-teman sebayanya ada tidak peduli dengan kata-kata meraka jadi gini temen-teman kalau misalnya nya kamu jualan pasti tu ada aja temen kita yang membully kita eh jualan km atau hina-hina an semacamnya km tidak usah peduli temen-teman rata-rata tu anak-anak muda kaya kita ini terlalu peduli dengan kata temen nya karena merak tu takut kehilangan temen,takut di bilang sombong dan takut di cap acuh tak acuh sehingga ank muda kaya kita ini kadang-kadang bingung menentukan mana temen yang bisa diajak maju dan bisa membangun masa depan.sekrang kita gini aja deh temen-teman kalau kita ga mulai serius atau ga mau berbisnis emng temen-teman kita mau apa nanggu makan kita? enggk kan, emng temen kita mau nanggung cicilan motor kita? Enggak kan, emang temen kita mau nanggung biaya sakit kita? Enggak kan nah sekarang kalau temen kita ga ikut bertanggung jawab sam kita ngapain kita denger kata mereka kan dan kita mendengar bullyan mereka dan ini adalah sesuatu yg kita yg masih muda harus pahami betul .jadi kalau kamu memang sudah punya prinsip jadi saya mohon jangan terlalu dengar kan kata mereka.

(2.)mereka tidak membiarkan orang lain menghambat masa depan mereka.

Nah jadi temen-teman kalau misalnya km masih 20 Tahunan memang sering kali kita itu masih bimbang dengan tujuan hidup kita .kita bingun dengan masa depan kita sehingga kita ini loh bingung mau ke mana setelah lulus apa kah mau kerja dulu atau gimn atau setelah ini kita bingun karir dulu atau kita bisnis dulu atau kita mencari pengalaman dulu atau nikah dulu bingun terus. .. Bener ga temen-teman ,saya kadang-kadang merasakn hal itu juga nah itu tadi temen-teman pertayaan yang kadang membuat kita bingun ingat kawan-kawan orang sukses tu di akan peduli dengan hal ini syaa ingat kan temen-teman Lakukan apa yang anda percayai itu aja temen-teman. Kalau anda yakin dan intinya anda harus punya prinsip .nah anak muda kaya kita ini yang paling berat dalam hal prinsipnya.ketika anda sudah mempunya prinsip ,teguh lah dengan prinsip kalian tersebut dan berani lah membangun prinsip kalian dan ini kadang-kadang menjadi msalh kita semua prinsip temen-teman.

(3.)Mereka tidak berteman dengan pecundang atau mental miskin.

Pasti temen-teman disini bertanya-tanya apa sih mental pecundang atau mental miskin itu apa gampang temen-teman ya itu gampang meminta.biasanya kalau temen-temen kuliah atau temen-teman usia 20 tahunan,kalau yang ulang tahun pasti disuruh traktir bener ga itu budaya indonesia banget.kalau menurut syaa lebih baik tidak usah ngumpul kalau blm punya penghasilan karena apa? Mau di cap sombong,miskin saya tidak peduli yang penting saya tidak meminta uang mereka temen-teman nah itu prinsip.sekali lag kawan-kawan saya ingat kan Anak muda itu suka bimbang di hal ini tapi orang sukses tidak lakukan karena apa?saya percaya hari ini sya hanya berteman dengan impian dan masa depan saya. Kenapa karena saya mengejar impian masa depan saya.pasti kalian ada yang bertanya kaya gini loh nanti kalau misalnya saya nanti di tanggal kan temen-teman kuliah saya gimana? Atau temen-teman SMA saya ngecap saya sombong bagaimana? Pasti sebagian kalian akan bertanya-tanya seperti itu sekali lag saya ingatkan temen-teman mereka tidak bertanggung jawab dengan ongkos makan kalian ,mereka tidak bertanggung jawab dengan biaya kos-kosan kalian dan mereka tidak bertanggung jawab dengan masalah kalian nah itu temen-teman ,jadi kebimbangan-kabimbangan seperti ini jangan membiarkan membabi buta knp seumur hidup kalian tidak akan pernah bisa mempunyai satu prinsip yang membangun kesuksesan Maka dari itu temen-teman mungkin kalian tidak diterima di kalangan sosial tertentu ,kalangan temen tertentu ,ya sudah biarkan aja karena apa? Bahkan anda tidak ada waktu untuk berteman.temen kalian mungkin hanya temen kerja ,temen kantor mungkin,harus jualan,tidak usah peduli temen-teman paham ya? Nah ini sesuatu yang harus anda miliki prinsip seperti ini.nah sering kali tu anak muda seperti kita ini bimbang supaya bisa diterima di kalangan perteman supaya ini saya di terima saya harus berpenampilan seperti gangnya dan gan itu membuntuhkan biaya besar temen-teman dan biaya dari mana atau gini kalau sya mau berteman dengan merak saya harus mempunya motor yg mahal atau kalau saya mau berteman dengan mereka saya harus memiliki handphone mahal kalau tidak saya akan tidak di terima di kalangan mereka ,omong kosong itu semunya temen-teman.sekali lag orang sukses tidak akan lakukan hal seperti Itu knp temen-teman karena orang sukses akan jalani nah pasti kalian mau bertanya loh bukan nya orang sukses harus berkerja sam dengan orang yang lebih diatas ? Ya bener tapi kerja sama apa dulu .kalau kalian melihat networking dengan cara berpikir harusnya kalian networking bukan dengan temen-teman usia 20-an anda harus networking dengan ayahnya,orang tuanya nah itu baru bener.bagaimana orang tuanya bisa membuat anaknya kaya raya ?.karena saya kurang yakin kalau kalian berteman dengan anak orang kaya belum tentu mereka yang tapi orang orang tuanya yang hebat dan celakanya lag kalau kalian berteman dengan anak orang kaya yang kerjaanya minta duit orang tuanya terus sekali lag anak muda jangan lakukan kebodohan tersebut saat usia 20 tahunan ok temen-teman.

(4.)mereka tidak buang-buang waktu

Pasti karena mereka masih sadar mereka masih muda,mereka akan all out dan mereka tidak akan buang-buang waktu karena itu kita harus manfaat kan masa muda kita ini dengan hal-hal positif yang bisa membantu kesuksesan masa depan kita nanti

(5.)mereka tidak pernah menyerah

Knp temen-teman karena mereka tau kesuksesan ada depan mereka makanya mereka tidak akan pernah menyerah untuk menggapainya kadang-kadang kebanyakan baru di uji sedikit sam allah udh yerah baru gagal sedikit aja kita udh yerah jangan kawan-kawan itu namanya mental lemah mental pencundang karena oranh sukses tidak akan pernah menyerah apa pun itu hambatanya kalau jatuh bangkit lag kalau jatuh lag bangkit lag sampai kalian menuju kesuksesan tersebut ok temen-teman.

Mungkin sekian dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua dan temen-teman semoga allah memudahkan menggapai cita-cita sekian dari saya terima kasih

Wasalammualaikum warahmatuallhiwabarakatahu.

4 Fokus menjadi Bisnis Kelas Dunia

Bismillahirrahmanirrahim

Apa sih yang harus kita lakukan agar bisnis menjadi lebih sukses dan lebih maju?. Orang-orang banyak bertanya, apa yang dilakukan?, saya mengatakan untuk fokus kepada empat hal yang sangat-sangat penting dan yang sangat-sangat serius. Apa sajakah itu? baca kelanjutannya..

Bisnis owner harus bisa lepas dari kegiatan operasional

Hal yang pertama yang harus difokuskan adalah bisnis owner harus bisa lepas dari kegiatan operasional, bukan berarti lepas tangan. Nah ini sering miss persepsi, banyak bisnis diluar sana berusaha ‘ saya ingin bisnis jangan tanpa saya’ tapi maunya lepas tangan, itu salah. Maksudnya dilepas harusnya bisa lepas dari kegiatan operasional.

Kalau anda menjalankan sebuah bisnis, pasti bisnis itu dibagi menjadi 4 kategori aktivitas :

  1. Penting dan mendesak, ini harus dilakukan, kita mau ga mau harus turun tangan
  2. Aktivitas penting tapi tidak mendesak, contohnya adalah melakukan planning, merapihkan proses, penting tapi ga mendesak, ga dilakukan pun tidak apa-apa
  3. Tidak penting tapi mendesak, ya memang tidak penting tapi terpaksa kita harus jalanin, ga penting tapi mendesak
  4. tidak penting tidak mendesak, ini jangan dilakukan

Yang kita butuhkan adalah kita bisa menjalankan hal-hal yang tidak mendesak tetapi penting, agar bisa menjalankan hal tersebut kita harus fokus, untuk bisa memberikan delegasi kepada tim. Poin-poinnya sebagai berikut :

  1. Kita harus bisa terbebas dari kegiatan rutin harian
  2. Fokus mengembangkan manusia, bisnis berkembang karena manusianya berkembang. Bisnis tidak bisa melebihi kehebatan manusianya, tidak mungkin ada manusia biasa-biasa aja tapi bisnisnya luar biasa, pasti ada orang yang luar biasa yang membuat bisnisnya menjadi luar biasa

Fokus pada value

Value artinya hal-hal yang menjadi kekuatan hard dan spirit, tim itu yang disentuh bukan skillnya saja, tapi mereka harus militan harus kuat secara hati berprinsip dan tidak goyah kalau menghadapi problem.

Berinovasi

Terus menerus berinovasi untuk membuat pelanggan anda, paham dengan apa yang anda jual, banyak bisnis diluar sana ketika menawarkan sebuah produk tapi pelanggan-pelangannya malah bingung. Nah jadi fokus anda membuat produk atau program agar custumer memahami apa yang anda ingin jual

Sistemasi

Sistem itu tidak selalu harus sifatnya teknologi canggih, sistem itu tidak selalu harus yang sifatnya sangat-sangat luar biasa. Sistem mendukung anda untuk membuat proses lebih ringkas, lebih cepet, lebih nyaman.

Jadi empat poin ini harus menjadi fokus anda, karena empat poin ini adalah landasan dasar untuk menjadi bisnis ini menjadi bisnis kelas dunia.

” tidak mungkin ada manusia biasa-biasa aja tapi bisnisnya luar biasa, pasti ada orang-orang yang luar biasa yang membuat bisnisnya menjadi luar biasa”

Demikian semoga bermanfaat

@ Yogyakarta, Kota Pelajar, 10 Oktober 2019

Penyusun : Wildan Miladani

Artikel pondokentrepreneur.com

DUA MODAL TERBAIK DISEMUA USAHA

Bismillahirrahmanirrahim

Siapa yang tidak mau membuka usaha?, tentunya semua pasti mau kan, nah membuka sebuah usaha itu ada modalnya.., disini saya punya dua modal yang terbaik untuk membuka usaha apapun, langsung saja kita lihat apa saja dua modal tersebut..

TEKAD

Tekad itu adalah modal yang paling penting, saat pertama kali dalam memulai bisnis, tentu anda akan berhadapan dengan banyak hal baru yang belum anda ketahui sebelumnya. Dengan memiliki niat dan tekad yang kuat sejak awal, anda akan bisa melewati semua hal tersebut dengan lancar. Berbeda jika niat Anda dari awal masih setengah-setengah, hasil yang anda dapatkan juga tidak akan maksimal.

Kalau anda sudah punya tekad dan itu memang rezeki anda, Allah akan datangkan itu semua, Allah akan mendatangkan modal, kita harus percaya seperti itu. Mulailah merubah pola pikir kita dari yang salah menjadi yang lebih baik, berfikir positif dan percaya bahwa kita bisa melakukan hal yang anda inginkan dan jangan pantang menyerah untuk mencapai kesuksesan.

TAWAKAL

Anda berhasil bukan karena kehebatan anda, bukan karena uang anda banyak, bukan karena peluangnya bagus, bukan karena skill anda jagoan, tapi berhasil karena Allah.

Sehingga jika anda sudah punya kemauan tinggal satu saja tawakal, kalau memang Allah menghendaki maka sebodoh apapun, semiskin apapun, sesusah apapun akan bisa, Allah akan mudahkan, Allah akan beri, karena kita harus ingat kita tidak boleh keluar dari keimanan kita, bahwa kita bekerja kita berbisnis itu tidak mencari sesuatu yang bukan milik kita, bukan mencari sesuatu yang tidak ada.

Kita hanya berupaya menjemput rezeki yang memang Allah sudah siapkan, jadi jangan dikira ketika kita berbisnis itu mendapatkan sesuatu yang baru, bukan.., itu sudah Allah takdirkan tempatnya, kadarnya, waktunya, caranya, namun Allah ingin melihat kita itu mau atau tidak, ada usah atau tidak, berserah diri kepada Allah, itu saja yang Allah inginkan.

Hasil sudah Allah jamin, ketika kita dagang berhasil itu jangan dikira kita mendapatkan sesuatu yang bukan milik kita, ‘wah seharusnya ini milik dia tapi ini berhasil saya dapatkan’ bukan.. itu memang milik anda, namun anda berhasil menjemputnya.

sehingga kita tidak perlu was-was ketakutan, kita harus percaya walaupun anda miskin dan tidak punya modal kalau anda sudah punya tekad, itu memang rezeki anda maka Allah mendatangkannya, Allah akan datangkan modal.

” Modal utama keberhasilan itu cuma dua yaitu Tekad dan Tawakal kepada Allah”

Demikian semoga bermanfaat

@ Yogyakarta, Kota Pelajar, 09 Oktober 2019

Penyusun : Wildan Miladani

Artikel pondokentrepreneur.com

5 MINDSET YANG MENGHAMBAT KEMAJUAN ANDA

BY:COACH CHANDRA PUTRA NEGARA

BISMILLAHIRAHMANIRAHIM

Halo sahabat enterpreneur semuanya pada kesempatan kali ini saya akan membahasa tentang mindset yg menghambat kemanjuan kita semua. Apa sih itu mindset mungkin di antara kita atau orang di luar sana masih belum tahu apa itu mindnset ,nah mindset itu kawan-kawan adalan suatu pola pikir yang di miliki oleh manusia dan mempunyai dampak atau peranan yg sangat vital terhadap apa pun dan saya akan memperthu 5 mindset yang menghambat kemajuan kita yuk kita sama-sama belajar agar lebih baik lag kedepan nya lag dan memiliki mindset yang positif untuk sekrang dan kedepannya nanti.

(1.)KHAWATIR BERLEBIHAN

Hampir kebayakan dari kita memiliki khawatir yang tinggi tapi yang harus kalian tahu ya kawan-kawan hampir 70% rasa khawatir itu tidak terbukti mungkin kekhawatiran kita hanya terbukti 25% intinya kawan-kawan kita harus cari aktivitas agar tidak menghabiskan energi kita di rasa khwatir tersebut lebih baik kita mencari kegiatan yang positif bekerja berolahraga dan lain-lain yang berdampak positif buat diri kita kawan-kawan.intinya kawan-kawan kalau kita khawatir berlebihan itu yang akan menghambat kita maju jadi kawan-kawan jangan pernah khawatir yang berlebihan.

(2.)ANDA SELALU HIDUP DI MASA. LALU.

Ingat sahabat ku hidup di masa lalu tidak peduli anda pernah gagal di masa lalu atau pernah sukses di masa lalu kadang-kadang diantra kita atau orang kebanyakan masih ngersa dulu saya pernah sukses dulu waktu 5 atau 10 tahun yg lalu tapi sekrang syaa bangkrut tapi dia masih ngersa di masih jaya atau masih sukses ingat ya kawan-kawan tidak ada sukses yang abadi yg abadi adalah perubahan kawan-kawan jadi jangan pernah hidup di masa lalu kalau misalnya dulu kita pernah sukse atau dulu kita masih ganteng ya udh itu hanya masa lalu sekarang kalau anda mau tetap sukses di masa yang akan datang maka jangan pernah hidup di masa lalu. Masa lalu tidak akan sama seperti masa depan kawan-kawan kenpa ya masa lalu ya masa lalu dan anda harus tinggal kan supaya anda bisa melihat masa depan yg lebih baik.berbuat lah dan actioan hari ini juga buat apa hari ini anda meratapi kehidupan di masa lalu itu tidak akan merubah segalanya contohnya saya dulu pernah sukses sekranng bangkrut ya udh mulai lag dari nol ada kok yang dulu sukses hbs itu bangkrut dan setelah dia mencoba dan mulai dri nol sekrang sukses intinya pola pikir anda di masa lalu dengn sekrang itu tidak sama mungkin sekrang anda jauh lebih baik, jauh lebih bijak,berpikir positif ,jauh lebih matang dan wawasan jauh lebih baik dan knp anda tidak berani memulai lag dan ini point yang kedua.

(3.)HIDUP ITU SUSAH DAN MENDERITA.

Nah ini adalah pola pikir jadi sebetula nya kalau kita pikir-pikir lag sperti contoh orang gendut yang menjalani diet untuk kurus serpti orang gendut kan kalau dia pengen kurus dan sehat dia harus melakukan diet ketat dan makan yang sehat sebetulnya kawan-kawan orang gendut yg mau menjadi kurus itu menderita kenapa dia harus olahraga lah makan di atur ,makan-makanan yg bergizi seprti sayur ,salad,ga boleh makan yang di goreng harus di rebus dan ga boleh pake bumbu dan lain-lain intinya menderita lah dan melakukan diet itu tidak gampang loh kawan-kawan dan mungkin proses sangat lama tapi anda orang gendut yg berhasil jadi kurus kenapa?karena dia fokusnya untuk menjadi kurus dan untuk jadi sehat .nah kawan-kawan mindset itu yang harus anda tukar ketika anda fokus pada masalah nya maka anda akan menderita tapi kalau anda fokus pada goals nya atau hasil akhirnya maka penderitaan itu akan hilang ya sam seperti tadi orang yg menurunkan berat badan saya tahu tidak yaman anda harus mengatur pola makan ada, jangan makan malam, ga boleh makan-makanan manis dan hal yg bisa membuat kita gemuk Dan itu membuat anda menderita kawan-kawan tetapi ingat kawan-kawan bukan fokus pada prosesnya tapi fokus pada hasiln akhirnya dan akhirnya anda membetuk mindset baru pola baru Saya ga mkan manis gpp kok, saya ga mkan malam gpp dan akhirnya anda akan terbentuk satu pola yang baru supaya mindset anda bisa lebih maju .

(4.)TIDAK ADA YANG MAU MEMAHAMI SAYA.

Nah kawan-kawan jadi orang tu jangan terlalu lemah deh sebenarnya siapa sih yang mau memahami anda dalam hidup pacar anda keluarga anda orang tua anda ketika tidak ada lag orang yang mau memahami anda emang anda mau apa bunuh diri atau kabur dari lari dari keyataan jangan kawan-kawan that is not the solution be brave anda harus lebih berani dan kuat ingat kawan-kawan oranng yang paling memahami diri anda itu bukan orang lain melainkan diri anda sendiri dan anda yang paling tahu diri anda ni loh siapa gitu kawan-kawan jadi sesekali kita ngaca dan berkata sya pasti bisa,saya pasti bisa sukses, saya hebat dan kata-kata positif lainnya dan jangan berkata pada diri anda saya ga bisa, saya ga hebat,susah,saya ga bisa sukses,saya benci pada diri saya dan kata-kata negati lainya yang bisa membuat mindset anda negatif kawan-kawan ingat kawan-kawan kunci terbesar adalah bukan anda yang mengumbar kesedihan anda di sosial media atau menjadi orang yang lemah tetapi be brave dan jadilah orang yg kuat tidak ada orang yg sukses yang tidak pernah mau membayar harga dan berusahalah untuk melawan rasa sedih dan capek anda maka anda bisa lebih baik

(5.)SAYA MASIH BANYAK WAKTU(ANDA SUKA MENUNDA).

Kenapa sih diantra kita atau kebanyakan orang masih suka menunda karena kita merasa masih banyak waktu atau merasa kita masih muda dan di tanya sam orang-orang kapan anda melakukan pekerajan anda lakukan besok kapan anda melakukan pekerjaan minggu depan kapan anda melakukan pekerjaan tahun depan kapan anda mau wisuda tahun depan nanti tahun depan kapan mau wisuda setengah tahun lag dan pas di tanya lagi malah ga tau kapan ga jelas jawabnya dan jawab nya menunda menunda dan menunda Pas di tanya kapan mau jadi pengusaha nanti saya akan coba 2 tahun ini setelah 2 tahun kapan mau jadi pengusaha dan jawabanya kaya nya ga cocok ingat kawan-kawan penundaan ini adalah sebuah penghambat terbesar untuk mindset anda jadi kawan-kawan jangan menjadi orang lemah dan buat lah keputusan yang terbaik sekarang juga.

Nah sekarang kita sudah tau kan apa yang menghambat kemajuan kita semoga bermanfaat artikel ini dan semoga yg membaca bisa menjadi orang yg sukses ya berguna bagi negara dan agama Sekian dari saya dan terima kasih

Wasalammualaikumwarahmatuallahiwabarakatuhu

BY:THOMY

DUA KUNCI SUKSES DALAM PEKERJAAN

Bismillahirrahmanirrahim

Apa dua kunci kesuksesan dalam pekerjaan itu?, kuncinya ialah berusaha dan bertaqwa kepada Allah, semangat dan minta tolong kepada Allah.

Jika seseorang telah mengumpulkan dua perkara ini, dia konsentrasi, semangat mengerjakan apa yang dikerjakan sekarang dan dimalam hari dia berdo’a kepada Allah dengan shalat malam maka Allah berikan jalan.

Kalau anda tidak diberi rezeki maka curigailah ketaqwaanmu, hanya sekedar berusaha, hanya mengandalkan kepandaian berdagang, hanya mengandalkan pengalaman tapi kalau Allah tidak memberi taufiq, tidak memberi kemudahan maka tidak bisa berhasil.

Oleh karenanya tidak benar kaidah orang yang paling pintar itu orang yang paling kaya, itu tidak benar. Bukan berarti orang yang telah meraih gelar ilmu kedokteran atau ilmu tehnik yang paling tinggi dia yang paling kaya.

Kita dapati ada orang yang biasa-biasa saja otaknya, biasa-biasa saja IQnya ternyata Allah berikan kemudahkan rezeki, oleh karenanya gabungkan kedua perkara ini, semangat melakukan dan beristi’anah (minta tolong) kepada Allah.

Kalau setiap hari kita berdo’a, kita sholat malam, berdo’a kepada Allah, apakah Allah tidak mendengar?.., sementara Rasullullah telah mengatakan dalam hadistnya ” Allah turun kelangit dunia tatkala tinggal sepertiga malam yang terakhir, (kemudian Allah bertanya, Allah mencari hambanya yang beribadah kepada Allah) Apakah ada hamba-hambaku yang beristighfar?, maka akan aku ampuni dosa-dosanya, Apakah ada hambaku yang meminta?, akan aku kabulkan permintaannya ” kalau seseorang menggabungkan antara kedua ini bertaqwa kepada Allah dan berusaha, maka Allah telah menjanjikan akan memberikan jalan kepadanya.

Sesungguhnya Allah senang, jika seseorang mengerjakan suatu perbuatan kerjakan sebaik-baiknya, benar-benar serius, serius dalam bekerja kemudian bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan kebahagiaan, tatkala terjadi sesuatu maka hati kita lapang mudah, kita sudah berusaha.. kita tidak menyalahkan diri kita sendiri, tapi kalau kita malas dan tertimpa musibah, kita akan mengeluh, akhirnya datang syaiton dan menjadikan kita gelisah.

” tidak benar kaidah orang yang paling pintar itu orang yang paling kaya”

Demikian semoga bermanfaat

@ Yogyakarta, Kota Pelajar, 08 Oktober 2019

Penyusun : Wildan Miladani

Artikel pondokentrepreneur.com

REFORMASI MENTAL ORANG JEPANG

BISMILLAHIRAHMANIRRAHIM

Hey kawan-kawan apa yg kita tau tetang imegs atau yg kta orang jepang itu seperti apa ? Mungkin ada yg menebak jepang itu displin, tangguh,pekerja keras, ulet, bertanggung jawab dan lain-lain tapi kita pernah tau ga kawan kalau itu sebenarnya bukan sifat asli orang jepang yang kita kenal sekarang sifat asli itu baru muncul setalah restorasi maiji setelah kalah perang kawan-kawan ,jadi itu yang di maksud dengan reformasi mental dan saya mempelajari knp kok bisa orang jepang bisa seperti itu kalau kalian tau kawan-kawan orang jepang itu ga ada beda nya dengan orang kita sekrang tidak tepat waktu, tidak displin, males-malesan,tidak bekerja keras, bangun tidur susahnya minta ampun mirip-mirip kaya orang kita kawan-kawan tidak jauh beda Tapi kenapa oranh jepang sekarang bisa seperti itu karena by design di design oleh pemerintah untuk di rubah karena kita tidak boleh memiliki sifat dan mental seperti itu dan sikap mental yang harus dirubah melalui feliuw.Ketika saya pelajari sejarah jepang itu yg memberi kontribusi terbesar untuk merubah Kebiasaan,perilaku,etitut orang dan itu luar biasa kawan mungkin kawan-kawan disini ada yg menebak diri sendiri,orang tua, pemerintah atau mungkin skolah tapi teryata tebakan kita salah kawan dan ternyata yg merubah imegs orang jepang yg kita kenal sekarang adalah perusahaan jadi itu luar biasa kawan dan makannya kalau kita punya perusahaan dan kita punya valuwe dan valuwe itu di tanam kan ke perusahaan kita dan itu sangat finansial dalam perusahaan kita kawan-kawan dan ini akan berdampak kepada bangsa kita kawan-kawan ,jadi kawan-kawan kontribusi ornng tua dan sekolah tidak sebesar di perusahaan karena kontribusi perusahaan itu bisa di perkira kan antra 60-70% dan sisanya kawan-kawan sekolah dan orang tua kita jadi kawan-kawan kalau jepang seperti knp kita tidak bisa seperti mereka juga dan ini yng menjdi pr bersama kita kawan-kawan ,jadi kalau kita punya valuwe yang baik dan kita juga punya keinginan yg kuat untuk merubah karywan kita dan kalau kita tular kan ini maka perusahaan kita bisa jadi agen perubahan.

Mungkin ini yg bisa saya sampai kan kawan-kawan mudah mudahan kita bisa jadi pengusaha yg sukses dan berguna bagi orang banyak dan sekitar kita.

Wasalammualaikumwarahmatuallhiwabarakatuhu

by thomy

ON BECOMING WORLD CLASS BUSINESS – Bersama COACH ARMALA (Bag. 2)

Bismillahirrahmanirrahim

Kali ini saya akan melanjutkan artikel dengan judul ON BECOMING WORLD CLASS BUSINESS – Bersama COACH ARMALA (Bag. 2), setelah kemarin bagian satu telah dipublish, saya pisah karena cukup panjang dan agar pembaca yang budiman lebih mudah untuk memahami isi dari kandungan artikel ini, lalu dipraktekan dikehidupan keseharian kita.

Bergabung dengan perusahaan Jepang

Ketika saya bergabung dengan perusahaan jepang, semua buku-buku yang berbicara dengan budaya jepang saya beli, saya pelajari, bagaimana menghadapi orang jepang. Saya belajar bagaimana menghadapi orang jepang, dan dari dulu saya bilang saya harus menjadikan bos-bos saya sebagai sahabat saya, karena dengan demikian saya akan punya kinerja yang baik dan kalau saya tidak bisa saya akan di ajarkan oleh mereka, pelajari berbagai karakter orang jepang satu-satu.

Ketika saya mulai mengenal 5S (seiriseitonseisōseiketsu, dan shitsuke) saya tidak mengartikan 5S itu sebagai 5R, terlalu sempit kalau mengartikan seperti itu, saya belajar bagaimana filosofi 5S ini sehingga mengakar kuat disetiap orang jepang, 5S ini awal mula bagaimana, ternya ini dimulai dari restorasi maiji dulu di tahun 1940-an.

Ketika jepang secara khusus ingin mengembangkan negaranya menjadi negara industri, hal pertama yang dilakukan secara cerdik yang dilakukan pemerintah jepang adalah peoplenya dulu orangnya dulu, sebelum bicara infrastruktur, sebelum bicara fasilitas, sebelum bicara yang lain, orang jepang sejak 1940-an sudah fokus pada orang. Diambil bagaimana dulu nilai-nilai luhur semangat samurai orang jepang seperti disiplinnya yang tinggi diambil, semangatnya diambil dan sebagainya maka diringkaslah menjadi 5S.

Jadi saya memahami 5S itu adalah sebagai budaya industri jepang, jepang secara sadar ingin mengubah negaranya dari negara agraris menjadi negara industri dan secara sadar dilatih.

Berinteraksi dengan orang Amerika

Orang amerika yang katanya orang yang paling hebat didunia, saya ingin mengukur saya ingin membuat gep analisis, kalau itu di ukur dalam sepuluh level saya berada dilevel yang mana dan orang amerika ada dimana, katakanlah saya berada dilevel ke tiga dan orang amerika ada di level sepuluh maka saya punya gep analisis, gep itulah yang pelan-pelan saya dorong ke atas sehingga saya tahu apa yang harus saya lakukan.

Bagaimana bergaul dengan mereka bagaimana mereka bekerja, kalau orang jepang membicarakan pekerjaan itu hanya dikantor, kalau orang amerika itu disetiap keadaan membicarakan pekerjaan, orang jepang kalau mengambil keputusan lama tapi sekali sudah diputuskan pantang sekali berubah. Orang amerika mereka kalau tertarik ambil, gak tertarik langsung minggir.

Sikap mental

Bicara tentang sikap mental itu bicara tentang etitude, etitude kita akan menjadikan prilaku kita baik dan prilaku itu akan membuat kebiasaan sesuai dengan prilaku kita. Kalau prilaku itu adalah hal yang bisa kita lakukan dan kalau habbit itu adalah hal yang hal kita sering kita ulang-ulang.

Jadi kalau kita ingin mengubah kebiasaan seseorang ubahlah prilakunya, kalau mau mengubah prilaku ubahlah etitudenya, kalau mau mengubah etitude maka anda harus memberikan value yang baru kedalam kepalanya dia

Merubah prilaku seseorang itu seperti es batu, kalau es batu itu berbentuk balok dan saya mau mengubah menjadi bentuk seperti microphone maka lelehkan dulu es batunya setelah leleh masukan cetakan baru kemudian bekukan lagi. Begitupun ke orang lelehkan dulu mindsetnya setelah leleh masukan cetakan baru lalu kita masukkan mindset yang baru dari kita, jadi kalau kita mau mengubah prilaku seseorang ubahlah mindsetnya, ini prinsip kalau kita mau mengubah prilaku.

Meningkatkan pengetahuan

Kita bicara menigkatkan pengetahuan, kita harus paham bagaimana cara diri kita menyimpan informasi yang kita pelajari, jangan sampai kita belajar sesuatu tapi kita tidak mendapat apa-apa.

Semua informasi yang kita pelajari, semua yang kita dengar, semua yang kita baca itu semua disimpan didalam otak kita, otak itu seperti cd yang masih kosong, apakah cd kosong bisa di gunakan?, lalu bagaimana menggunakannya kalau cd itu masih kosong?.. ya tinggal rekam saja dengan apa yang anda inginkan

Begitu juga dengan kita kalau kita ingin menguasai ilmu kepemimpinan kita harus rekam ilmu kepemimpinan, kalau kita ingin menguasai ilmu bisnis rekam ilmu bisnis, jangan bermimpi anda tidak pernah merekam anda akan pintar dengan sendirinya, otak kita tidak punya mekanisme punya pengetahuan dengan sendirinya, otak kita hanya memutar ulang, karena itu teman-teman belajar, belajar, belajar.

Meningkatkan keterampilan

Penguasaan keterampilan itu hanya butuh pengulangan saja, dalam berbisnis ada banyak hal-hal yang sifatnya keterampilan bukan pengetahuan, kalau anda berhenti hanya sebatas pengetahuan anda akan berhenti sebatas yang anda ketahui, cara melatih keterampilan kita yang paling efektif adalah dengan cara mengulangnya, anda hanya butuh pengulangan saja.

Intinya inti

Jadi pointnya adalah kita upgrade sikap mental kita, kita ubah sikap mental kita sebelum kita mengubah tim kita, tingkatkan pengetahuan kita, tingkatkan keterampilan.

Jadi kalau anda mau melatih orang, fokus pada sikap mentalnya dulu, karena kalau sikap mentalnya sudah terbentuk, belajar untuk berpengetahuan dan mempunyai skill menjadi mudah.

” Jadi kalau kita ingin mengubah kebiasaan seseorang ubahlah prilakunya”

Demikian semoga bermanfaat

@ Yogyakarta, Kota Pelajar, 07 Oktober 2019

Penyusun : Wildan Miladani

Artikel pondokentrepreneur.com

ON BECOMING WORLD CLASS BUSINESS – Bersama COACH ARMALA (Bag. 1)

Bismillahirrahmanirrahim

Disini saya akan membawakan sebuah judul yang cukup menarik untuk para pembaca yaitu ON BECOMING WORLD CLASS BUSNINESS dengan pemateri coach Armala.

Saya merindukan indonesia mulai dari low level, medium level, high level didominasi oleh orang-orang indonesia. Inilah mengapa saya sangat konsen sekali, mengapa organisasi yang saya bangun ini saya beri nama human plus saya tidak mau kita biasa-biasa saja, sebagai manusia kita harus betul-betul plusnya keluar, saya percaya semua orang punya potensi diri, potensi ini belum banyak digali belum banyak dikeluarkan tugas kitalah untuk mengeluarkan potensi ini

Teman-teman semua menyaksikan saya mendapat penghargaan dibidang manajemen produktifitas, ini satu bukti bahwa putra bangsa kita bisa sejajar dengan orang-orang lain yang ada didunia, kalau saya bisa anda lebih mampu dari saya

Saya sering memberikan kelas-kelas training, workshop dan seminar-seminar semua orang banyak yang bertanya pak Armala bisa seperti ini bagaimana caranya, saya selalu kesulitan menjawabnya saya coba runut-runut dan inilah yang saya mau share kepada teman-teman semua.

Bicara data-data tentang pengalaman saya tadi, menurut anda siapa yang bertanggung jawab dengan semua ini?.. absolutely kita sendiri yang bertanggung jawab dengan diri kita sendiri, bukan pemerintah, bukan guru-guru kita, jadi mari kita mengambil tanggung jawab masing-masing paling tidak untuk diri kita dulu, paling tidak untuk organisasi kita dari rumah keluarga, kemudian yang lebih besar seperti perusahaan, jadi kalau kita bicara revolusi mental mari kita mulai dari diri-sendiri.

Kadang-kadang kita hanya butuh kesempatan perlu kesempatan karena kesempatan itulah yang akan membawa kita menuju kepada apa yang kita inginkan, kesempatan ini bisa datang dari orang lain dan bisa datang dari sendiri, sepanjang karir profesional saya banyak orang-orang yang memberi kesempatan kepada saya

Dalam hal yang lain kesempatan itu bisa kita ciptakan sendiri misalnya, kita saya berangkat kejepang ketika saya berada di izumi corporation saya bertanya siapa mereka karena banyak karyawan pabrik yang berasal bukan dari jepang mereka orang berazil, cina, vietnam saya tanya kenapa mereka disini?! magang katanya, saya bilang berapa lama mereka disini satu tahun jawabnya, saya langsung mengatakan kepada atasan saya saya mau karyawan saya di indonesia magang semua disini dan pulangkan orang mereka(sebelum orang indonesia) semua, kadang kesempatan itu harus kita minta, kesempatan itu harus kita ciptakan sendiri.

Bicara tentang mengembangkan orang itu tentang tiga aspek saja, yang pertama adalah etitude, para ahli sepakat bahwa 85% kesusuksesan seorang adalah etitude, yang kedua adalah knowledge, serta yang ketiga adalah keterampilan

Bagaimana mengembangkan etitude, yang pertama saya dulu aktif di organisasi apapun disekolah, disitulah saya banyak belajar jangan sibuk dengan bisnis sendiri tapi banyak ikut organisasi.

Bisnis owner duduklah sebagai bisnis owner biar saya melatih para supervisor, karena para supervisor inilah yang akan mejalankan bisnis anda, merekalah adalah point of execution, jadi tugas anda sebagai bisnis owner adalah mengembangkan supervisor anda yang seharusnya jadi ahli workshop itu para supervisor bukan anda. jadi tugas anda itu latih supervisor setelah itu biarkan dia yang memimpin bisnis itu anda duduk manis saja.

Saya dulunya atlet, saya banyak bermain dibidang olahraga tapi saya punya prestasi dibidang basket. Didalam olahraga itu mengajarkan sportivitas, mengajarkan disiplin, mengajarkan pantang menyerah, diajarkan bagaimana caranya kalah, diajarkan bagaimana caranya berkompetisi itu semuanya ada di olahraga. Atlet tidak pernah berpikir untuk kalah, didepan ada lomba saya harus ikut lomba soal menang kalah urusan belakangan, mental atlet itulah yang mendidik saya.

” Kalau kamu mau berprestasi kamu harus berlatih, berlatih, berlatih, berlatih, jangan bermimpi kamu punya prestasi kalau kamu tidak belajar dan berlatih, jadi berlatihlah…”

Demikian semoga bermanfaat

@ Yogyakarta, Kota Pelajar, 05 Oktober 2019

Penyusun : Wildan Miladani

Artikel pondokentrepreneur.com

PONDASI MENJADI WIRAUSAHA SUKSES

BY COACH ARMALA

1.MINDSET (ISI KEPALA)

Knp saya menekan untuk yg pertama hal mindset karena pemikiran kita atau mindset kita yang mempengaruhi perkjaan kita atau kedepanya nanti apa yg kita lakukan kerna memulai usaha harus dari isi kepala kita dulu mindset kita dulu perbaik contoh gini banyak dari kita yg mencoba dari pekerja untuk menjadi wirausaha betul itu ga ada yg salah dengan hal itu tapi mindset atau isi kepala rata-rata kita masih belum menyadari hal tersebut dan itu sering kali yg menyebabkan kita terjebak dalam kekhawatiran yg blm pasti terjadi contohnya gini aja.mindset perkerja dia segala sesuatu pengen di kerjakan sendiri dari pada bayar orang mending kita kerjakan sendiri atau gini bisnis nya udh besar tapi dia memiliki kekhawatiran yg besar contoh pas rekrut karyawan takut di tipu lah, di bohong atau apa lah itu atau pas rekrut karyawan udh di ajarin ini itu tapi takut dia malah keluar buat usaha yg persis sam kaya dan menjadi saingan kita atau malah masuk perusahaan saingan kita, nah kalau kita masih memiliki mindset ini makan bisnis kita tidak akan bekembang dan mungkim di takutkan kita malah jalan di tempat aja bisnisnya situ-situ aja karena mindset kita yg masih blm berubah. Maka kawan-kawan saya tekankan mindset kita dulu yg perlu di rubah mindset-mindset positif harus ada dalm kepala kita.

2.SIKAP MENTAL

Nah yg kedua ini kawan sikap mental kita atau etitut ,etitut kita ini betul-betul kita harus jaga karena segalanya kembali lag ke pribadi kita kawan-kawan.nah kawan-kawan etitut ni saya bagi menjadi dua kawan-kawan yaitu mental pemenang atau juara dan mental pecundang sekarang kita badingkan dua mental tersebut .mental pemenang itu selalu berpikir besar,memilik visi misi yg jelas,punya gol-gol yang jelas,inisiatif,berani mengambil resiko dan hal yg lain nya itu termasuk sikap-sikap mental pemenang sedangkan mental pecundang atau loser ini kawan-kawan memiliki kepribadian gampang menyerah,sering menyalahkan orang lain,berpikir negatif, banyak alasan dan hal yg lain seperti itu dan dua hal ini kawan dua hal yg sangat kontras dan dua hal ini yg harus kita kuasain kawan-kawan .

3.PENGETAHUAN

Nah kawan-kawan setelah mindset kita tebentuk dan sikap mentak kita terdidik dengan baik maka langak yg ketiga kawan adalah pengetahuan, pengetahuan itu sederhana begini bicara pengetahuan akan terikam dalam pikiran dan pikiran kita itu ada dalam otak dan otak itu ada di dalam kepala jadi kawn semua orang yg lahir di dunia ini lahir dalam keadaan kosong semua dan pikiran kita itu sam seperti cd yg kosong, cd yg masih kosng tidak bisa di putar apa pun gimn kita mau memutar cd tersebut kan masih kosong kawan jadi cd ini akan terisi kita cd ini telah di rekam contoh nya seperti ini kalau misalnya saya rekam cd tersebut dengan rekaman kajian dan kemudia saya di putar ulang di cd player maka akan keluar kajian yg kita recam td dan tidak akan mungkin keluar murotal alquran . Dan begitu pun juga kita kalau kita mau jadi pebisnis yg hebat recam lah ilmu pebisnis dan kalau kita mau mengelola bisnis yg baik recam ilmu menejerial kalau atau kita pingin jadi pemimpin di dalam organisasi rekam lah ilmu kepemimpinan.

4.KETERAMPILAN.

Nah setelah kita mengetahui pengetahuan kita lanjut yg ke 4 yaitu keterampilan kadang-kadang oranh atau mungkin kita sendiri berhenti setelah merasa tau padahal kawan-kawan ilmu bisnis itu adalah ilmu keterampilan Ya harus kita asah dan terus di latih bukannya hanya sekedar sudah tau berhenti dan tidak praktek kita ambil contoh kalau saya hari ini ajarin kalian untuk membaca iqro tidak serta merta kalian keluar dari sini langsung bisa membaca alquran harus praktek dulu sering membaca dan belajar lag sampai bisa jago untuk membaca al quran nah setelah itu kita membahas keterampilan .jadi ilmu pengetahuan dan keterampilan adalah dua aspek yg berbeda .

Nah kawan-kawan setelah kita mengetahui hal tersebut kita bisa mengambil 4 kesimpulan yaitu (1.)kelolalah pikiran kita (2.)jaga etitut kita(3.)tingkatkan ilmu pengetahuan dan (4.)latih keterampilan .pondasinya hanya empat insya allah setelah kita menguasai hal tersebut kita bisa menjadi pengusaha yg sukses yg berguna bagi sekitar dan orang banyak mungkin berguna buat indonesia. Ingat kawan-kawan enterpreneur jangah pernah berhenti setelah merasa tau karena setelah kita memeraktekan setelah memeraktekan maka di situ kita akan menjadi orang yg hebat kawan.

Sekian dari saya wasalammualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

PENULIS:THOMY

Entrepreneurial leadership

  • Membentuk sikap kepemimpinan harus mulai dari bawah
  • memulainya dari mengelola diri sendiri
  • kemudian mengelola orang lain
  • yang paling sulit mengelola manager karena berbeda dengan mengelola karyawan
  • entrepreneurial berarti bicara tentang bisnis, oleh karena itu kita harus berlatih menjiwainya

Belajar bisnis harus dari bawah, mulai dari manager fungsional dulu, satu fungsi dulu kalau sudah teruji baru fungsi selanjutnya

– Ada 4 fungsi dasar dalam berbisnis:

  1. sales and marketing
  2. operation
  3. finance accounting
  4. HR
  • kalau satu fungsi itu namanya fungsional manager
  • seseorang kalau belum mampu mengelola satu dari empat itu terutama konseptual jangan buru-buru jadi CEO
  • kalau sudah mampu baru sebagai bisnis manager mengelola satu bisnis
  • kalau sudah punya bisnis jangan terburu-buru buka bisnis yang lain, kalau dari bisnis manager saja masih belum ahli, buktikan dulu kalau sudah handal
  • tingkat selanjutnya adalah enterprise manager, dapat mengelola banyak bisnis pun sudah tidak hawatir, ilmunya sudah mempuni, dan jam terbangnya sudah cukup
  • jangan tergesa-gesa ingin scale up, scale up bagus, kecepatan penting, kita ukur jangan sampai kecepatan itu tidak sebanding dengan kuatnya bisnis kita
  • kita lari dengan cepat tapi pondasi bisnis kita masih rapuh itu yang beresiko tinggi
  • kalau anda seorang pemimpin dalam berbisnis, bisnis itu seperti lari marathon jadi tidak perlu lari secepat-cepatnya
  • makin besar bisnis anda, masalah anda makin kompleks
  • setiap orang adalah pemimpin, dia bertanggung jawab memimpin dirinya sendiri oleh karena itu harus dimulai dari bawah dulu

Menjadi pemimpin harus mendapat respect dari orang lain itu syarat mutlak jadi pemimpin

– untuk mendapatkan respect dari orang lain adalah

  1. berpengetahuan
  2. berpenampilan baik
  3. bersikap baik
  4. berkomunikasi dengan baik
  5. berperan baik
  • jalankan apapun peran kita dengan sebaik mungkin dalam kehidupan ini
  • Mengelola diri sendiri dengan cara
  • tingkatkan kepercayaan diri
  • mengenali diri sendiri, untuk meningkatkan kepercayaan diri
  • siapa kita, kelebihan kita apa, dan kelemahan kita apa
  • menutupi kelemahan dengan kelebihan
  • temukan potensi diri kita, potensi diri kita sangat besar
  • tidak ada sesuatu yang langsung baik pertama kali
  • memulai dulu nanti kita akan mendapat feed back dari orang lain
  • hilangkan mental block, itu perkataan buruk yang diulang-ulang kepada kita
  • memiliki impian, kita harus punya impian, impian memang tidak menjadi kita sukses, tapi orang sukses selalu memiliki impian
  • bill gates ketika membangun bisnis pertama bill gates tidur hanya 10 jam perminggu
  • ketika selesai dari satu urusan kerjakanlah urusan yang lain dengan sebaik mungkin
  • berapapun usia kita saat ini kita harus punya impian-
  • punya alasan yang kuat keinginan saja tidak cukup
  • anda tidak akan mendapatkan apa yang anda inginkan tapi anda akan mendapatkan apa yang anda lakukan
  • mempunyai sikap mental pemenang
  • teruslah belajar
  • komitmen, selalu berusaha menjadi yang terbaik
  • kerja keras
  • menyukai tantangan
  • toleransi pada kegagalan
  • sebagai pemimpin kalau ada yang tidak suka dengan anda ya tidak masalah, karena tidak semua orang bisa suka dengan kita.

Demikian semoga bermanfaat

@ Yogyakarta, Kota Pelajar, 04 Oktober 2019

Penyusun : Wildan Miladani

Artikel pondokentrepreneur.com